Sikap ramah dan suka menolong menjadi wajah yang bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Banjarmasin merupakan salah satu kota yang terkenal dengan keramahan masyarakatnya. Sikap ramah dan suka menolong yang ada pada masyarakat Banjarmasin, sudah tertanam sejak zaman dulu. Apalagi, mereka memiliki tradisi gotong royong yang disebut dengan mengawah. (sumber :aktualkalsel.com)

Tradisi Mengawah Banjarmasin 1024x575 Tradisi Mengawah yang Menjadi Wujud Keguyuban Warga Banjarmasin

Tradisi mengawah merupakan kebiasaan yang kerap diperlihatkan warga Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin, ketika mengadakan acara, seperti sunatan, perkawinan, ataupun tasyakuran. Dalam tradisi ini, puluhan warga Banjarmasin akan bersama-sama dan saling membantu memasak berbagai jenis makanan yang diperlukan selama acara.

Laki-Laki dan Perempuan Punya Peran Masing-Masing dalam Tradisi Mengawah

Bagi masyarakat Banjarmasin, acara berupa perkawinan, tasyakuran, ataupun sunatan yang dilakukan oleh salah satu warga, merupakan tanggung jawab warga kampung. Mereka yang datang tidak hanya wanita, tetapi juga laki-laki. Hal yang cukup menarik, pemilik acara tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi. Bahkan, pemilik acara juga dilarang mengatur warga yang ikut mengawah.

Mereka yang berpartisipasi dalam tradisi mengawah memiliki tugas masing-masing. Para lelaki bakal mencari kayu bakar serta mempersiapkan berbagai kebutuhan acara. Tidak lupa, mereka juga perlu mempersiapkan tenda untuk lokasi memasak. Selain itu, para laki-laki juga punya tanggung jawab memasak pada wajan berukuran besar.

Tugas para wanita dalam tradisi mengawah biasanya adalah memasak berbagai jenis lauk. Selain itu, para wanita juga akan membawa berbagai jenis bahan makanan sebagai bentuk sumbangan kepada pemilik acara. Mereka biasa membawa sumbangan itu dalam wadah yang disebut pahindai. Ketika pulang, mereka bakal membawa berbagai jenis makanan serta lauk yang oleh masyarakat Banjarmasin disebut gangan.

Dalam tradisi mengawah, Anda akan bisa melihat kerukunan warga secara langsung. Apalagi, pada momen tersebut, para warga yang datang kerap bersenda gurau. Keceriaan tersebut bakal terus bisa dirasakan sampai acara berakhir. Keramahan yang muncul pada tradisi mengawah pun kerap diperlihatkan oleh masyarakat Banjarmasin dalam menyambut kedatangan para wisatawan. Apalagi, Banjarmasin punya banyak destinasi liburan yang menarik.

Liburan Merasakan Keramahan Masyarakat Banjarmasin dengan Biaya Murah

Para wisatawan yang tertarik untuk merasakan keramahan warga Banjarmasin secara langsung tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Untuk menuju ke Kota Banjarmasin, Anda dapat memilih menggunakan transportasi pesawat atau kapal. Anda dapat menemukan pesawat serta kapal yang singgah ke Bandara Internasional Syamsuddin Noor serta Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Selanjutnya, Anda juga tidak perlu kebingungan dalam mencari hotel di Banjarmasin dengan tarif murah. Cara booking hotel murah di Banjarmasin juga sangat mudah. Anda dapat memanfaatkan layanan pemesanan hotel dengan aplikasi Airy, yang dapat diunduh di Google Play Store serta App Store Apple. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menginap di jaringan hotel murah terbesar di Indonesia.

Hotel dengan tarif murah di Banjarmasin yang bisa Anda dapatkan juga memberi jaminan pengalaman menginap yang nyaman. Setiap hotel yang tergabung dalam jaringan hotel murah terbesar Indonesia ini memiliki standar fasilitas tersendiri.

Setiap kamar yang ada di jaringan hotel ini disertai dengan pendingin AC. Anda juga tidak perlu repot membawa perlengkapan mandi, karena sudah tersedia di dalam hotel. Selain itu, pihak hotel juga menyediakan fasilitas lain seperti TV layar datar, air minum, WiFi gratis, shower air hangat, ataupun tempat tidur yang bersih. Lengka